Semoga ga pada bosen ajah baca postinganku tentang maryamah karpov. Maklumlah, bgini ini model orang-orang yang baru khatam baca buku. Heueheuehu.. kalo rating antara 0 sampai sepuluh, novel ini aku kasih angka 10 deh.  Ga ada kata-kata lain yang bisa mewakili bahwa novel ini bagus banget. Pemilihan kata-kata dari kalimat demi kalimat benar-benar andrea hirata sekali. Perwakilan dari pemunculan beberapa cerita sebelumnya, mulai dari laskar pelangi, sang pemimpi dan edensor, terkuak dengan ujung maryamah karpov.

Mimpi yang begitu dahsyat membuahkan pengalaman yang sangat dahsyat dan hasil yang lebih dahsyat. Pertaruhan jiwa dan raga, hidup dan mati karena cinta. Belajar dengan logika, menalarkan semua hal dengan logika, meski tanpa basic ilmu musik sekalipun hanya dengan ilmu logika dia bisa spontanitas melantunkan sebuah lagu dengan biola. Dengan pertimbangan dasar² logika, dia bisa mengangkat kapal raksasa yang karam beratus-ratus tahun lamanya. Dengan pemikiran yang logis pula dia berhasil menemukan A Ling pujaan hatinya. Dan tanpa pemikiran logika, dan hanya karena cinta, dia berani untuk datang ke klinik gigi, heuheueheue…

Petualangan novel terakhir dari tetralogi laskar pelangi ini benar-benar merenggut semua waktu yang aku punya untuk sebentar mengabaikan keberadaan suamiku di sampingku sesaat menjelang tidur. Bravo.. !! Belum pada punya bukunya? Belum baca novelnya…? Anda termasuk kaum yang merugi !!!