maryamah

Jika aku dulu tak menegakkan sumpah sekolah setinggi-tingginya demi martabat ayahku, aku dapat melihat dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop menghadapi gunungan timah, mengumpulkan napas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai maghrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya. Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan buruk nasib pada ayahku dan pada kaumku. Kini Tuhan telah memeluk mimpiku. Atas nama harkat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku, saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pembarani.

Setelah ditunggu selama 1 tahun lebih, Andrea Hirata akhirnya bisa merampungkan novel terakhirnya dari Tetralogi Laskar Pelangi. Novel setebal 520 halaman ini akan diluncurkan tanggal 28 november 2008, pukul 19.00 WIB di mp book point, jl. puri mutiara raya no. 72, jeruk purut, jakarta selatan.

Dalam acara yang bersifat terbuka ini, Andrea Hirata akan hadir. Kesempatan ini sebetulnya amat jarang ini (karena baru kali ini novel andrea diluncurkan secara seremonial). Karena itu maka secara spesial dibacakan satu bab dari novel Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang. Pembacanya siapa lagi kalau bukan Iman Soleh. Aktor monolog, koreografer, sutradara teater, dan banyak lagi ini akan menampilkan satu monolog dari penggalan karya terakhir Andrea Hirata. Oh iya, dia juga akan membawakan satu puisi karya Ayip Rosidi berjudul Jante Arkidam. 

Dan, dalam acara APA KABAR INDONESIA PAGI, TV one akan mengangkat tema tentang buku. Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang merupakan buku pertama yang dibahas dalam acara talkshow pagi yang biasanya lebih membahas soal kebijakan publik dan masalah politik.
Selaku pembahas tentu saja adalah Andrea Hirata sang penulis didampingi pihak penerbit. Acaranya sendiri berlangsung  tanggal 28 november pukul 08.00. Hmmm pas jam masuk kantor😦 Ga bisa liat dehhh …:(