31 Oktober, it’s time to halloween party ! Pada make kostum apa nih? Drakula? Hantu yang di scary movie? Nenek sihir? Hmm.. Sebagian orang pasti sudah melewatkan malam dengan berpesta kostum, tapi sebagian orang juga pasti banyak yang belum paham, halloween berasal dari mana sih? Kenapa tanggal 31 Oktober? Halloween makanan apaan sih? .. :p

Aku juga baru tau, kenapa tgl 31 Oktober selalu ada tradisi halloween party. Ternyata Halloween berakar dari tradisi Irlandia, yang awalnya bernama malam Samhain atau pesta berakhirnya musim gugur. Pemilihan tanggal 31 Oktober berdasar pada kepercayaan jaman dulu yang yakin bahwa pada malam itu sekat antara dunia nyata dan dunia gaib telah hilang. Akibatnya makhluk-makhluk gaib diyakini melintas ke alam manusia. Padahal seharusnya di pengujung musim gugur orang-orang perlu menambah persediaan makanan untuk menyambut musim salju. Dan kehadiran makhluk gaib (baca:setan) tadi akan mengganggu kegiatan penambahan makanan itu. Bahkan setan bisa menyebabkan orang-orang sakit atau merusak panen.

Nah, untuk mengusir makhluk-makhluk halus, akhirnya manusia berdandan lebih seram dari mereka. Dengan harapan para setan takut dan enggan berdekatan dengan manusia yang sudah berdandan seram itu.

Perayaan seperti itu terus berlansung sampai agama Kristen banyak dianut oleh orang Eropa. Para imam Kristen kemudian mengganti perayaan itu dengan perayaan HARI ORANG SUCI. Namun, sebagian orang tetap mempertahankan perayaan itu dan menamakannya Malam Hari Semua Yang Suci atau All Hallow Even. Setelah berabad-abad, frase All Hallow Even berubah menjadi Halloween.

Dan kostum-kostum setan yang dipakai pada perayaan halloween masa kini tidak sepenuhnya terkait dengan perayaan masa lalu. Kostum jaman sekarang sudah banyak terinspirasi karakter dalam film horor Amerika Serikat. Jadi, Halloween bukan berasal dari Amerika dan bukan tradisi orang Amerika, lha wong perayaan Halloween di Amerika Serikat malah dilarang kok.

Bagaimana? Sudah tau jawabannya? Tgl 31 kemarin jadinya kalian pada pesta Halloween dimana nih? Kalo aku, pesta tidur puas bersama Cenad-ku. Hoho.. seharian penuh bercengkrama di atas kasur, becanda.. bermain.. makan.. nonton tv.. tidur.. becanda lagi.. makan.. maen.. tidur lagi,.. Maklum, bginilah anak yang kasihan, mulai hari snin sampai jumat ditinggalin induknya ngurusin kantor, jadinya sekalinya detik-detik yang berbau weekend,… jatahnya full ke anak.