Ikal,Arai, dan Jimbron. Mereka bertiga inilah sang pemimpi dari pedalaman Belitong yang berangan-angan untuk bisa sekolah ke Perancis, menjelajahi Eropa, bahkan sampai ke Afrika. Novel kedua yang digarap oleh Andrea Hirata, masih kelanjutan cerita dari laskar pelangi, masih menggambarkan tentang Ikal yang menjalani kehidupannya.  Kali ini Ikal hanya ditemani oleh arai dan Jimbron saja, bukan ke sepuluh temannya seperti yang di Laskar pelangi.

Ada satu hal ketika aku membacanya dan membuatku tertawa lebar, haha.. pada saat nonton biskop selembar kain merah yang mengumbar syahwat, dan ketahuan kepala sekolahnya. Wakakaka… Trus yang mereka di kejar dan sembunyi masuk peti es yang berisi ikan dan berbau anyir, hahaha… perbuatan bodoh !

Ah, rasanya ngga perlu panjang lebar kutulis review-annya, jadi ga seru ntar yang belom baca novelnya. Yuukkk baca yuukk.. mari kita kembangkan budaya membaca.. !!