Beberapa hari yang lalu saya mendapat msg via YM dari seorang teman, yang isinya menyatakan bahwa pada hari ini tanggal 17 oktober 2008, matahari akan terlihat atau menyinari selama 36 jam, hal ini terjadi setiap 2400 tahun sekali, maka beruntunglah kita bisa melihat langsung kejadian ini.

Nah, dari beberapa sumber yang saya dapatkan ternyata, berita itu bohong. Di Indonesia matahari akan tetap bersinar selama rata-rata 12 jam. Sistem rotasi Bumi sering disebut memiliki gerak gasing dengan kemiringan sumbu sebesar 23,5 derajat, namun tetap tidak memungkinkan wilayah ekuator mendapatkan sinar matahari sampai 36 jam dalam 2.400 tahun sekali. Pendapat yang satu lagi menyatakan bahwa penyinaran matahari di wilayah ekuator, termasuk Indonesia, yang memiliki batas koordinat 11 derajat Lintang Selatan (LS) sampai 6 derajat Lintang Utara (LU) rata- rata melihat sinar matahari hanya selama 12 jam plus atau minus 45 menit. Kemungkinan matahari dapat terlihat selama 36 jam sangat tidak mungkin.

Masih ingat? Kabar bohong mengenai astronomi tidak hanya terjadi sekali ini saja. Pada 27 Agustus 2008 kemaren  juga pernah beredar informasi berupa purnama ganda. yang satu bulan purnama betulan dan satu lagi planet mars yang nampak. Memang tampak, tetapi tetap saja tidak dapat dikatakan purnama ganda karena keduanya terlihat dari Bumi terlihat sama sekali berbeda ukurannya.

Kalo memang mau membuktikan hari ini matahari menyinari Indonesia sampe 36 jam, silahkan saja dibuktikan sendiri nanti yaa… hehe kalo setauku sih, matahari tutup sampe jam 10 mlm, kecuali kalo ada diskon lebaran … pisss😀