Kenapa kita nge-blog?

Kira-kira jawabannya apa ya? plis deh..don’t answer question with question (hehe, si 3[Dot] pasti senyum-senyum baca pernyataan ini).

Ok deh, aku jawab serius deh..
Nge-blog bisa dikatakan the best time killer, kalo aku bilang. Di kantor kalo udah suntuk sama kerjaan, ato ga ada yang mesti dikerjain lagi, bingung mo ngapain, trus di rumah kalo malem-malem ga bisa tidur, bingung juga mo ngapain, nge-blog biasanya aku jadiin salah satu pelarian buat ngabisin waktu.
Dalam hal ini blogging besar kaitannya dengan menulis. Yeah, menulis apa saja.. tulisan yang bebas meluapkan segalanya. *psst.. blogger bisa dikatakan penulis ngga yah?*

Paling tidak, menurutku blogging bisa dijadiin wadah semua uneg-uneg, bisa dijadiin teman curhat, bisa jadi tempat nongkrong, bisa jadi tempat belajar & nimba ilmu, bisa jadi tempat berinteraksi, bisa jadi tempat penyalur hobby, bisa jadi macem-macem. Yang jelas, dengan menulis.. semua yang aku inginkan, semua yang aku rasakan jadi tersalurkan semua.

Kapan sih mulai kenal blogging?
Enaknya kapan yaa..? hmm..plis deh, don’t answer question with question (haha,  3[Dot] nemu lagi kalimat bginian).

Wokeh dijawab nih, aku kenal blogging blum lama kok.. berawal sekitar bulan Maret yang lalu, waktu itu iseng nanya-nanya ke om Google keyword yang aku cari. Dan ternyata ga jarang informasi yang aku dapetin kebanyakan dari hasil tulisan beberapa blogger (baca:pengguna blog). Nah dari sinilah, aku mulai nyadar (hah sadar? jadi slama ini pingsan?) bahwa nge-blog bener-bener sarana yang bahkan penting buat aku.

Kalo abis nulis gitu yah, rasanya ploooong banget.

Mulai menulis sedikit-sedikit, tentang kluarga, temen-temen, kegiatan sehari-hari, kumpulan-kumpulan curhat yang ga penting, semacam DIARY gitu deh. Tapi yang ini bukan buku harian pake gembok yang bersifat rahasia (kayak waktu SMP dulu), namun diary yang ditulis di blog bisa dijadikan konsumsi publik.

Nah, semakin sering nulis, semakin juga paham sebetulnya nge-blog ga cuman bisa buat curhat, ga cuman bisa buat nimba ilmu, dengan nge-blog bisa juga dibuat nimba duit loh. Hehe, giliran nemu kata ‘duit’ gini, pasti yang baca pada serius neh.
Ya iyyalah, duit gitu loh.. siapa yang ga ijo kalo liat kata ‘duit’.

Hubungannya gini aja deh, ketika traffic pengunjung udah lumayan banyak dateng ke blog kita, para pemasang iklan akan tertarik memasang produk & jasanya ke blog /web kita. Tapi ga gitu aja, kita mesti daftarin blog kita dulu ke beberapa site yang nyediain layanan tersebut. Trus site penyedia layanan tersebut ngasih kita kerjaan untuk me-review something yang telah ditentuin. Mereka akan bayar review yang udah kita bikin itu. Enak kan..? Bisa duduk manis di dpn kompie, tiba-tiba dapet duit.
Dan masih banyak cara lain biar bisa ngasilin duit via blog, dan ga mungkin aku jelantahin satu persatu.

Kalo ga dimulai dari sekarang, kapan lagi? Menulis itu nikmat loh, aku aja nih malem-malem meskipun cape pulang kantor, sambil gendong nadia tidur, musti disempetin nulis barang 1 atau 2 judul.

*gambar kecil aja ya, hehe tampang mo tidur soalnya*

Udah sering ngintip blognya Dian sastro, Wulan GuritnoYusril Ihza Mahendra dan yang lain-lain, mereka orang yang super sibuk ajah nih, masih sedikit meluangkan waktunya untuk menulis (nge-blog).

Dan yang perlu diingat, nge-blog boleh aja mengutip dari postingan orang lain, tapi jangan lupa nyantumin link sumber dari mana postingan itu berasal. Artinya punya tata krama gitu lah. Kalo sempat, minimal minta ijin sama yang punya.
Blog termasuk karya cipta juga kan? Bener ngga…? Seperti logo ini nih..

Kejadian hari ini.. belum tentu akan terjadi lagi nanti, esok.. maupun lusa. So,… write it !! Trust me, setelah kalian nge-blog, pasti akan nambah ilmu & bener-bener bisa dirasain segede apa manfaatnya.

Chayoo… !!