Hari minggu kemarin sempet baca koran tentang kontroversi imunisasi buat bayi. Beberapa bulan yg lalu saya sempet membahas hal ini pada blog saya, ternyata sekarang sudah ada pencerahan.

Menteri kesehatan sudah memproklamirkan, bahwa imunisasi selain imunisasi wajib (BCG, DPT, Hepatitis, polio, campak) sebaiknya dihindari saja. Kalo dulu saya sempat membahas bahwa imunisasi MMR bisa menyebabkan autis, ternyata hal tersebut telah dibenarkan pada wacana di koran yang telah saya baca kemarin.

Hmm ibu-ibu… padahal imunisasi MMR dsb itu mahal bukan? Ya udah dari pada buang uang mahal-mahal, dan ga jelas aman ato nggak buat anak kita, mending imunisasi yg wajib-wajib aja. Tambahan-tambahan yg lain kan cuma vaksin yg hasil coba anak-anak negara sana, belum tentu cucok bagi anak-anak sini. Semoga bisa jadi wacana yg bermanfaat…

About these ads